Sub Komite Kredensial Keperawatan

2016-01-26 14:00:21

KREDENSIAL KEPERAWATAN

Proses Kredensial menjamin tenaga keperawatan kompeten dalam memberikan pelayanan keperawatan dan kebidanan kepada pasien sesuai dengan standar profesi. Proses kredensial mencakup tahapan review, verifikasi dan evaluasi terhadap dokumen-dokumen yang berhubungan dengan kinerja tenaga keperawatan.

Sub komite kredensial mempunyai kewenangan memberikan rekomendasi rincian kewenangan klinis untuk memperoleh surat penugasan klinis. Untuk melaksanakan tugasnya, sub komite kredensial perlu menyiapkan kewenangan klinis mencakup kompetensi sesuai area praktik yang ditetapkan oleh RS dan menyusun kewenangan klinis dengan kriteria sesuai dengan persyaratan kredensial.

Kebijakan dan perubahan yang terjadi mempengaruhi jenjang karir antara lain Peraturan Presiden RI no.8 tahun 2012 tentang kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), rumusan kompetensi perawat oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan perubahan kebijakan tentang jabatan fungsional perawat serta ditetapkannya system akreditasi rumah sakit berstandar internasional yang mensyaratkan perawat memiliki kewenangan dan penugasan klinis yang jelas sesuai area praktiknya.

Pengembangan karir perawat merupakan suatu perencanaan dan penerapan rencana karir yang dapat digunakan untuk penempatan perawat pada jenjang yang sesuai dengan keahliannya, serta menyediakan kesempatan yang lebih baik sesuai dengan kemampuan dan potensi perawat.

PPKC sebagai Pusat Pengembangan Kesehatan Carolus mengajak semua personil yang terlibat dalam sub komite kredensial agar mengikuti pelatihan sub komite kredesial keperawatan untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangannya sebagai  sub komite kredensial.

Tujuan :

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu :

  1. Mengetahui konsep kredensial keperawatan
  2. Mengetahui tugas dan kewenangan sub komite kredensial
  3. Mengetahui Mekanisme kerja sub komite kredensial
  4. Memahami hubungan jenjang karir dan kredensial
  5. Memahami tahapan penyusunan Rincian kewenangan klinis

Materi :

  1. Dasar Kebijakan terkait Sub Komite Keperawatan
  2. Tugas dan Kewenangan Sub Komite Kredensial
  3. Hubungan Jenjang karir dan kredensial
  4. Langkah-langkah penyusunan Rincian kewenangan klinis

Peserta :

  1. Manajer keperawatan
  2. Ketua Komite keperawatan
  3. Sub komite keperawatan
  4. Penanggung jawab ketenagaan

Diskusi

  • Bagaimana penanganan pasien yang baik ?

    ...

Testimoni

Jl. Salemba Tengah 30-32, Jakarta Pusat 10440
Telepon : 021 - 3101870, Email : ppkcarolus@gmail.com Watsapp : 0816-4851-356

© 2014. Copyright ST Carolus Indonesia. All Right Reserved.